Jumat, 15 Februari 2013

Fungsi dan Pendekatan Pemasaran


Fungsi dan Pendekatan Pemasaran

Tataniaga merupakan suatu proses dari pertukaran yang mencakup serangkaian kegiantan atau aktivitas-aktivitas yang ditujukan untuk memindahkan baran atau jasa dari produsen kekonsumen. Fungsi pemasaran dikelompokkan menjadi tiga yaitu: 

Fungsi pertukaran
Fungsi penjualan; fungsi ini diperlukan untuk mencari tempat dan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan sesuai keiinginan konsumen baik dilihat dari jumlah, bentuk dan mutunya.
Fungsi pembelian; fungsi ini diperlukan untuk menentukan jenis barang yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi fisik
Fungsi penyimpanan; fungsi ini diperlukan untuk menyimpan barang selama belum dikonsumsi, diolah atau didistribusikan.
Fungsi pengangkutan; bertujuan untuk menyediakan barang dan jasa di daerah konsumen sesuai dengan kebutuhan menurut waktu, jumlah dan mutunya.
Fungsi pengolahan; bertujuan untuk meningkatkan kualitas barang dalam rangka memperkuat daya tahan barang dan meningkatkan nilainya.

Fungsi fasilitas
Fungsi standarisasi dan grading; standarisasi adalah suatu ukuran atau penentuan mutu suatu barang dengan parameter tertentu. Grading adalah tindakan mengklasifikasikan hasil pertanian menurut standarisasi yang diinginkan.
Fungsi penanggungan resiko; merupakan upaya menanggung resiko yang terjadi dalam proses pemasaran oleh produsen maupun lembaga pemasaran iti sendiri, atau dapat dialihkan kepada lembaga yang lain yaitu lembaga asuransi.
Fungsi pembiayaan; merupakan penyediaan biaya untuk keperluan selama proses pemasaran dan juga keigatan pengelolaan biaya tersebut.
Fungsi informasi pasar; meliputi kegiatan pengumpulan informasi pasar serta menafsirkan data informasi tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Fakta Asli - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz