Kamis, 14 Februari 2013

Permintaan, Penawaran, dan Elastisitas


Permintaan, Penawaran, dan Elastisitas Permintaan, Penawaran, dan Elastisitas
Pengemis dan Permintaan
Permintaan
Permintaan terhadap suatu barang adalah jumlah yang diinginkan oleh konsumen untuk dibeli. Jumlah ini adalah merupakan flow yang menyatakan banyaknya persatuan waktu. Banyaknya permintaan satu atau beberapa barang-barang dan jasa dalam waktu tertentu dapat dilihat dari komposisi konsumen terhadap barang dan jasa tersebut. Dalam bentuk umum kita dapat lihat bahwa jumlah yang diminta adalah merupakan fungsi dari pendapatan, harga barang itu sendiri dan harga barang lain, selera dan preferensi. Jumlah penduduk dan distribusi pendapatan diantara keluarga-keluarga.

Pengaruh perubahan harga lain dengan asumsi faktor-faktor lain adalah tetap, kalau suatu barang (x) merupakan barang barang pengganti atau dapat  digunakan sebangai pengganti barang lain (y). Bila tidak ada maka kenaikan harga pada barang X akan mempengaruhi  jumlah barang y yang diminta yaitu bertambah,dan sebaliknya juga berlaku jika suatu barang (X) yang diminta berkurang. Contoh mobil dan bannya. Ban merupakam pakan komplemen, naiknya harga mobil akan menyebabkan jumlah mobil yang diminta berkurang,dan konsekwensinya jumlah ban mobil yang diminta menjadi berkurang.

Penawaran
Penawaran yaitu sejumlah barang dan jasa yang ditawar kan kepada konsumen pada suatu pasar, waktu dan harga tertentu. Sumber penawaran akan suatu barang terdiri dari stok barang yang disimpan dalam gudang dan hasil produksi dari pertanian itu sendiri. Penawaran jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, sedangkan pada permintaan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik dengan harganya. Pengaruh dari perubahan harga barang itu terhadap jumlah yang ditawarkan dan terhadap kurva penawaran,naiknya harga  dari  HI menjadi H2 menyebabkan jumlah yang ditawarkan bertambah dari Q1 ke Q2 yang lebih banyak.

Elastisitas
Elastisitas permintaan adalah ukuran kepekaan jumlah yang diminta terhadap perubahan harga didefinisikan sebagai elastisitas permintaan, yang disimbolkan dengan Ed.

Ed  =   Persentase perubahan jumlah yang diminta : Persentase perubahan harga

Elastisitas silang dari permintaan
Dalam elastisitas silang dari permintaan kita kenal ada dua bentuk yaitu yang dipositif dan negatif, elstisitas silang dari permintaan  yang negatif menunjukan kedua barang tersebut saling melengkapi atau barang komplemen.bila barang X atau barang Y bersipat substitusi maka elastisitas silang dari permintaan adalah positif.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Fakta Asli - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz